Safety Riding Course Bersama Honda Blog Community

image

Sudah menjadi rahasia umum bahwa satu-satu nya alat transportasi yang bebas hambatan kini adalah sepeda motor. Semakin menjamurnya motor dijalanan tak hanya memberikan dampak positif tapi juga banyak memberikan dampak negatif. Tahun 2015 saja terjadi lebih dari 25 ribu kasus kecelakaan bermotor dan 70% terjadi karena faktor manusia.

image

Oleh karena itu PT Mitra Phinastika Mustika (MPM) selaku main dealer Honda Jawa Timur turut aktif memberikan edukasi tentang safety riding. Salah satunya dengan mengadakan safety riding course bersama rekan-rekan Honda Blog Community yang diadakan pada hari Sabtu, 28 juni 2016. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 pagi tersebut bertempat di Safety Riding Center Honda, Jl Raya Sedati Sidoarjo.

image

Safety riding secara umum dapat diartikan bagaimana cara berkendara dengan aman dan nyaman. Baik bagi pengemudi maupun pengendara lainnya. Mulai dari perlengkapan berkendara hingga teknik-teknik berkendara yang baik dan benar.

Dibuka langsung oleh Pak Bondan selaku Kepala Honda Customer Care Center (HC3), kemudian dilanjutkan materi safety riding oleh Pak Dimas Satria Kelana Putra atau akrab disapa pak Samid sebagai instructor. Berikut materi-materi yang diberikan, semoga bermanfaat untuk bro n sis.

image

image

Perlengkapan berkendara yang aman:

1. Helm, komponen terpenting dalam berkendara. Pastikan berstandart SNI dan berbunyi “klik” saat dipasang

2. Jaket, melindungi tubuh kita dari terpaan angin. Lebih baik lagi bila sudah terpasang protektor.

3. Sarung tangan, lebih baik yang menutupi seluruh jari.

4. Celana panjang, selain melindungi dari angin juga dapat mengurangi

Itulah beberapa perlengkapan safety riding yang bisa bro n sis gunakan saat berkendara.

Beberapa teknik safety riding:

Posisi tubuh

image

1. Teknik pengereman, gunakan 60% rem depan dan 40% rem belakang untuk pengereman optimal.

image

2. Teknik slalom, melatih kemampuan dan menjaga keseimbangan saat menikung di jalan berliku.

image

3. Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit.

image

Selain perlengkapan dan teknik, tak kalah penting cek kendaraan bro n sis sebelum berkendara. Jika ingin tau lebih lanjut tentang safety riding, admin sarankan bro n sis bergabung dengan club motor Honda di wilayah masing-masing. Salam Satu Hati.

Posted on June 4, 2016, in Berita and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment